JIKA TIDAK ASLI, UANG ANDA KAMI KEMBALIKAN 100% | 0812-1532-3196 | Pin BB: D09CB79A

Sarang "Semut" dari Merauke, Papua

Sarang semut Papua yang kita kenal merupakan sebuah tanaman dari pulau Papua yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Namun, di Kota Rusa, Merauke. Ada sebuah sarang semut yang sesungguhnya. Bukan merupakan tanaman seperti sarang semut Papua yang kita kenal.


Musamus. Begitulah masyarakat lokal menyebutnya. Berbentuk gundukan tanah dengan tinggi mencapai lima meter bakan lebih. Sebenarnya ini lebih tepat dibuat dan dihuni oleh rayap, bukan semut. 



Menggunakan campuran dari rumput kering sebagai bahan utama dan liur sebagai semen untuk merekatkannya, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun istana rayap ini. 

Yang unik dari musamus ini adalah dia memiliki ventilasi berupa lorong-lorong yang dapat melindungi rayap dari air hujan dan melepaskan panas ke udara saat musim panas tiba. Hal inilah yang membuat koloni rayap dapat bertahan hidup di musamus.

Musamus dijadikan sebagai lambang daerah Kabupaten Merauke. Musamus dapat ditemui di beberapa negara di dunia. Namun, untuk di Indonesia, "sarang semut" ini hanya terdapat di Merauke saja.




@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Sarang "Semut" dari Merauke, Papua | Sarang Semut | Sarang Semut Papua