JIKA TIDAK ASLI, UANG ANDA KAMI KEMBALIKAN 100% | 0812-1532-3196 | Pin BB: D09CB79A

Rusaknya Indra Perasa Lidah Karena Kemoterapi

Saat seseorang terkena penyakit kanker, pengobatan yang sering dianjurkan oleh para dokter pada umumnya meliputi operasi, radiasi dan kemoterapi. Pengobatan-pengobatan tersebut memiliki beberapa efek samping besar terutama pada indra perasa yakni lidah. 

Menurut dr Anky Tri Rini K.E, Spa(K), dari Rumah Sakit Omni Pulomas, efek samping yang bisa timbul di antaranya adalah penurunan atau peningkatan berat badan, perubahan perilaku, rontoknya rambut di kepala, dan perubahan indra perasa.

sarang semut

 dr Anky juga menjelaskan bahwa perubahan khususnya pada indra perasa dikarenakan rusaknya epitel papil lidah atau organ perasa yang ada pada lidah. Sebab pengobatan model kemoterapi untuk penyakit kanker tidak hanya menyerang sel kanker, terkadang sel sehat pada tubuh pun ikut terserang.

"Papil-papil lidah terbagi menjadi beberapa bagian yang sensitif terhadap rasa tertentu. Ada rasa manis, asam, asin dan pahit. Biasanya efek samping dari kemoterapi ini ambang batas pahit di lidah menjadi rendah sehingga pasien akan sangat sensitif terhadap rasa pahit. Sebaliknya, ambang rasa manis jadi tinggi sehingga pasien butuh rasa manis yang lebih agar terasa," ujar dr Anky..

Lebih jauh juga dr Anky memaparkan dampak perubahan indra perasa atau disgeusia tersebut beberapa makanan dapat terasa hambar atau bahkan muncul sensasi rasa seperti logam, berbeda-beda pada tiap orang. Pada beberapa pasien khususnya anak-anak, hal tersebut dapat menyebabkan ketidaksukaan terhadap beberapa makanan, hilangnya nafsu makan dan pada akhirnya penurunan berat badan.

"Anak habis kemoterapi makan daging rasanya bisa berubah jadi rasa seperti makan logam atau obat. Jadi jangan paksa anak untuk makan masakan kita," kata dr Anky.

Kehilangan nafsu makan dapat berlangsung selama beberapa hari, minggu, bulan atau bahkan juga tahunan tergantung dari seberapa lama pengobatan yang dijalani oleh pasien.

Salah satu cara yang disarankan oleh dr Anky adalah dengan mengganti sumber protein lain seperti telur, ikan, kacang-kacangan dan produk susu. Selain itu hindari memasak dengan peralatan berbahan logam untuk mengurangi sensitifitas rasa logam pada anak.



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Rusaknya Indra Perasa Lidah Karena Kemoterapi | Sarang Semut | Sarang Semut Papua